Rabu, 19 Juli 2017

Tip Menuju Kehamilan Sehat




Foto Kisah Kasih Keluarga.Semua Mam pasti menginginkan proses kehamilan sehat. Dengan menjaga kehamilan, Mam dapat menghindari komplikasi selama kehamilan dan melahirkan, menurunkan angka tingkat kecacatan bayi, dan menjaga agar berat badan lahir bayi normal. Selain itu, Mam juga akan terhindar dari mood swings, kelelahan dan anemia yang sering muncul di masa kehamilan.
Untuk menjalani kehamilan sehat, Mam bisa melakukan langkah-langkah berikut:
Makan makanan bernutrisi secara teratur. Makan makanan bernutrisi secara teratur sangat dibutuhkan Mam untuk pertumbuhan bayi dalam kandungannya. Mam yang sedang hamil rata-rata membutuhkan tambahan energi sebanyak 300 kalori setiap harinya.
Walaupun kondisi mual dan muntah kadang menghalangi Mam untuk memenuhinya, namun untuk menjaga kehamilan, tetaplah berusaha untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan makanan bernutrisi sebagai berikut:
Protein
karbohidrat
vitamin C
kalsium
buah dan sayur
whole grains
makanan tinggi zat besi
lemak baik
asam folat

Sedangkan makanan berikut ini perlu dihindari untuk mencegah infeksi bakteri maupun kecacatan janin:
Telur dan daging yang dimasak setengah matang.
Olahan susu yang tidak dipasteurisasi.
Makanan laut yang mentah atau dicurigai mengandung tingkat merkuri tinggi atau zat pencemar lainnya.

Minum vitamin kehamilan. Vitamin di masa hamil (prenatal) mengandung asam folat dan zat besi. Penting bagi Mam dalam menjaga kehamilan untuk untuk mengonsumsi asam folat bahkan sejak merencanakan kehamilan untuk menurunkan risiko janin menderita kecacatan karena gangguan seperti spina bifida. Zat besi juga sangat dibutuhkan, terutama dalam trimester kedua dan ketiga. Minumlah sesuai dosis yang dianjurkan dokter kandungan Mam.
Olahraga ringan secara teratur. Olahraga yang baik dapat meningkatkan kekuatan dan daya tahan Mam untuk menjalani masa kehamilan sehat. Ingatlah untuk tidak memaksakan tubuh Mam untuk melakukan olahraga yang terlalu berat dan jangan lupa minum untuk menghindari dehidrasi.
Keuntungan bagi Mam jika berolahraga ketika hamil antara lain:
Menambah energi
Meningkatkan kualitas tidur
Menguatkan otot dan ketahanan tubuh
Mengurangi sakit punggung
Menghalau stres
Kelahiran dapat berjalan lebih mudah
Mengurangi sembelit

Istirahat yang cukup. Rasa lelah yang Mam rasakan di trimester pertama dan terakhir adalah cara tubuh Mam untuk mengingatkan Mam agar lebih banyak beristirahat. Jika perlu, tidurlah sebentar di siang hari selama setengah hingga satu jam. Kalaupun tak dapat tidur, angkat kaki Mam di sofa dan bacalah majalah atau buku. Teknik relaksasi seperti yoga, peregangan, pernafasan dan pijatan adalah cara yang paling tepat untuk menghalau stres dan tidur lebih nyenyak. Namun hindari pemijatan di area perut.
Menjaga kesehatan mental. Perasaan yang kadang tak menentu selama kehamilan bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan, banyak Mam yang merasakan hal yang sama. Namun waspadalah jika rasa sedih yang dirasakan terlalu berlebihan hingga mengganggu aktivitas sehari-hari karena bisa menjadi petunjuk adanya depresi. Segeralah mencari bantuan ahli seperti psikolog dan dokter untuk membantu Mam.
Kehamilan adalah sebuah anugerah. Menjaga kehamilan merupakan sebuah bukti cinta Mam dan Pap pada janin yang sedang dikandung. Rajinlah melakukan pemeriksaan kehamilan untuk memastikan bahwa segala hal berjalan dengan baik dan normal dan Mam menjalani masa kehamilan sehat. Tetaplah menjaga berat badan ideal ibu hamil agar Mam dapat melahirkan bayi dengan berat badan normal dan proses melahirkan pun lebih lancar.


Tidak mudah sebagai orangtua untuk memahami anak, salah satunya terhadap proses perkembangan. Hal yang perlu dilakukan orangtua adalah memastikan bahwa nutrisi dalam perkembanganya tercukupi.
Cukupi nutrisinya dengan minum Gizidat, madu ikan sidat plus probiotik. Sebagai solusi anak susah makan. Selain itu juga sebagai penambah daya tahan tubuh anak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar